TEMATIK
KURIKULUM 2013
KEAS
III SEMSTER 1
TEMA
4 PEDULI LINGKUNGAN SOSIAL
SUB
TEMA LINGKUNGAN SOSIALKU
PEMBELAJARAN
1
Disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah
TIK dan Media
Pembelajaran
Dosen Pengampu: Farid Ahmadi, S.Kom, M.Kom,
ph.D.
Oleh:
Noni Luthfi Khoirunnisa 1401415029
Rombel 1
PENDIDIKAN
GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS
ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
NEGERI SEMARANG
2016
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
KURIKULUM
2013
Nama Sekolah :
SD …...........................
Kelas/Semester :
III/I
Tema :
Peduli Lingkungan Sosial
Pembelajaran/Sub Tema : 1/Lingkungan Sosialku
Alokasi Waktu :
6 jp (1 hari)
Muatan Pembelajaran :
Bahasa Indonesia, Matematika dan SBdP
A.
Kompetensi
Inti
1
Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2
Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangga.
3
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya
yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan
yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
3.3 Mengemukakan isi teks surat tanggapan pribadi
tentang perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi serta
permasalahan dan lingkungan sosial di daerah dengan bantuan guru dan teman
dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa
daerah untuk membantu pemahaman.
4.3 Mengolah dan menyajikan teks surat tanggapan
pribadi tentang perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi
serta permasalahan dan lingkungan sosial di daerah secara mandiri dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk
membantu penyajian.
Indikator:
1
Mengidentifikasi
teks surat tanggapan pribadi tentang lingkungan sosial.
2
Membuat
surat tanggapan pribadi tentang lingkungan sosial.
Matematika
Kompetensi Dasar
3.6 Menentukan strategi
pemecahan masalah dengan mengurangi, menambah, dan menukarkan sejumlah uang.
4.2 Merumuskan dengan kalimat
sendiri, membuat model matematika, dan memilih strategi yang efektif dalam memecahkan
masalah nyata sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan,
perkalian, pembagian bilangan bulat, waktu, panjang, berat benda, dan uang, serta
memeriksa kebenaran jawabannya.
Indikator:
1
Mengenal
masalah uang yang dapat diselesaikan dengan menambah
2
Menyelesaikan
masalah sehari-hari yang berkaitan dengan uang melalui strategi penjumlahan.
SBdP
Kompetensi Dasar
3.2 Membedakan pola
irama rata dan bervariasi lagu bertanda birama enam.
4.5 Menyanyi lagu wajib
dan lagu permainan dari daerah sesuai dengan isi lagu.
Indikator:
1
Mengidentifikasi
isi lagu berpola irama rata bertanda birama enam.
2
Menyanyikan
lagu bertanda birama enam dengan syair yang benar.
C.
Tujuan
Pembelajaran
1
Dengan
mengamati syair lagu, siswa dapat menyimpulkan isi lagu dengan tepat.
2
Dengan mencari dan memperhatikan video dari Youtube, siswa dapat menyanyikan lagu Desaku yang
Kucinta dengan benar.
3
Dengan
mengoperasikan Microsoft Word, siswa dapat membuat surat tanggapan pribadi
dengan tepat.
4
Dengan
mengamati contoh, siswa dapat mengerjakan operasi penjumlahan pecahan uang
dengan benar.
5
Dengan
membaca soal cerita, siswa dapat menyelesaikan masalah sehari-hari yang
berkaitan dengan uang melalui strategi penjumlahan dengan benar.
6
Dengan
menyimpulkan pembelajaran pada hari ini, siswa dapat memiliki pemahaman akan
keberadaannya sebagai makhluk Tuhan yang saling membutuhkan satu sama lain dan
perlu memiliki sikap saling menghargai, peduli, santun, dan bertanggung jawab.
D.
Materi
Ajar
1.
Surat
pribadi
2.
Operasi
hitung uang
3.
Menyanyikan
lagu
E.
Pendekatan
Model dan Metode Pembelajaran
1.
Pendekatan : Scientific
2.
Model : PBL (problem-based learning)
3.
Metode : Tanya jawab, diskusi,
demonstrasi, ceramah
F.
Media,
Alat dan Sumber Belajar
1.
Media
dan Alat
-
Berbagai
benda-benda pos, seperti aneka prangko, aneka kartu pos, kertas surat, amplop,
dan lain-lain.
-
Contoh
surat yang sudah dikirim (ada perangko dan stempel kantor pos).
-
Buku
teks
-
Laptop
2.
Sumber
Belajar
-
Muhibba
Iba, dkk. 2015. Peduli Lingkungan Sosial
Buku Guru SD/MI Kelas III. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
-
Muhibba
Iba, dkk. 2015. Peduli Lingkungan Sosial
Buku Siswa SD/MI Kelas III. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan.
G.
Langkah
- Langkah Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
PRA KEGIATAN
1.
Guru
mengucapkan salam.
2.
Guru
meminta ketua kelas untuk memipin berdoa.
3.
Guru
mengecek kehadiran siswa.
Fase 1 (Orientasi siswa kepada
masalah)
4.
Guru
memberikan apersepsi melalui nyanyian “kalau kau suka hati”
5.
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran “Tujuan pembelajaran kali ini kita dapat
mengetahui tentang peduli lingkungan sosial”.
6.
Siswa
diberi kesempatan untuk bertanya apa yang ingin diketahuinya tentang lingkungan
sosial.
7.
Jika
siswa mengalami kesulitan, guru memancing siswa dengan mengajak mereka mengamati
lingkungan sekitar.
8.
Siswa
menjawab pertanyaan bersama-sama.
9.
Siswa
berbagi pengalaman tentang siapa saja orang-orang yang ada di lingkungan mereka,
kepada siapa saja mereka pernah berbicara, siapa saja yang pernah mereka
bantu dan membantu mereka, siapa saja yang pernah mereka kunjungi. Misalnya,
siswa bercerita ia bertemu dengan tetangga di rumah, dengan siswa lain di
sekolah, penjual dan pembeli bertemu di pasar atau tempat perbelanjaan lainnya,
dokter bertemu dengan pasien di rumah sakit atau puskesmas.
10. Siswa berbagi cerita tentang
tempat-tempat apa saja yang pernah mereka kunjungi. Misalnya, sekolah, pasar,
dokter, bank, desa, dan kota.
11. Dengan bantuan guru, siswa
menyimpulkan apa yang dimaksud dengan lingkungan sosial, yaitu tempat manusia
saling bertemu dan berhubungan, salingmembantu, bekerja sama, berbicara, dan
lain-lain.
12. Guru menjelaskan kegiatan yang
akan dilakukan oleh siswa yaitu memecahkan masalah dengan cara menganalisis gambar.
|
15
menit
|
Inti
|
Fase 2 (mengorganisasikan siswa untuk
belajar)
1.
Guru
mengajukan pertanyaan “Siapa yang punya nenek dan kakek yang tinggal di desa”
“Sudah pernahkan kalian pergi ke desa” “Bagaimana rasanya ketika kalian ada
di desa? Senang atau tidak?” “Bagaimana rasanya udara yang ada didesa? Sejuk
atau panas?”
2.
Siswa
membagi pengalamannya tentang desa.
3.
Siswa
mendengarkan penjelasan guru mengenai mengapa ada perbedaan udara antara di
kota dan di desa.
Fase 3 (membimbing penyelidikan
individual maupun kelompok)
4.
Siswa
mengamati gambar pedesaan tempat Kakek Udin tinggal yang ada pada buku teks
pelajaran.
5.
Siswa
mendengarkan penjelasan guru bahwa pedesaan adalah salah satu lingkungan
sosial.
6.
Siswa
mengidentifikasi perbedaan suasana desa Kakek Udin dengan lingkungan tempat
tinggalnya.
Fase
4 (mengembangkan dan menyajikan hasil karya)
7.
Siswa
menyampaikan hasil pengamatannya terhadap gambar secara bergantian.
Fase 2 (mengorganisasikan siswa untuk
belajar)
8.
Seorang
siswa membaca teks dan siswa lain menyimak.
9.
Guru
bertanya apakah siswa sudah mengenal lagu “Desaku yang Kucinta”? Jika ada
siswa yang sudah bisa menyanyikan lagu tersebut, siswa yang bersangkutan
dapat menyanyikan lagu tersebut di depan kelas.
10. Guru meminta siswa untuk membuat
kelompok yang terdiri atas 4 – 6 siswa.
11. Setiap kelompok diberi tugas
untuk mencari video lagu “Desaku yang Kucinta” di Youtube.
Fase 3 (membimbing penyelidikan individual maupun kelompok)
12. Siswa pada masing-masing kelompok
diminta untuk berlatih menyanyikan lagu “Desaku yang Tercinta” dari video
hasil pencariannya.
13. Siswa diminta untuk berdiskusi
mengenai kandungan isi lagu “Desaku yang Kucinta”.
14. Hasil diskusi dimaksukkan kedalam power point dan diedit.
Fase
4 (mengembangkan dan menyajikan hasil karya)
14. Siswa secara berkelompok menyanyi
di depan kelas bergantian dengan kelompok lain.
15. Siswa menyimpulkan isi lagu
dengan menggunakan Power Point yang telah dibuat saat
diskusi.
Fase 2 (mengorganisasikan siswa untuk
belajar)
16. Siswa membaca surat Udin secara
bersambung.
17. Siswa yang tidak mendapat giliran
membaca harus menyimak dengan serius dan menanti gilirannya atas permintaan
guru.
18. Siswa menanggapi surat Udin dengan
menjawab pertanyaan yang ada pada buku siswa.
Fase 3 (membimbing penyelidikan individual maupun kelompok)
19. Siswa menyimak penjelasan guru tentang
bagian-bagian yang harus ada dalam sebuah surat.
20. Siswa mengidentifikasi bagian-bagian
surat yang dibuat Udin.
21. Siswa mengingat kembali bagian-bagian
surat pribadi.
22. Siswa berlatih menulis surat pribadi
tentang keadaan desanya masing-masing lalu dikirimkan pada teman sekelas yang
ditulis di Microsoft Word dan diedit sebagus mungkin.
Fase 4 (mengembangkan dan menyajikan hasil karya)
23. Setelah surat selesai dibuat
siswa diminta untuk mengirimkannya kepada salah satu teman sekelas melalui
akun Facebook masing-masing siswa.
24. Guru mengelilingi kelas untuk
membimbing siswa.
25. Siswa menjawab pertanyaan tentang
apa saja yang dibutuhkan untuk berkirim surat melalui Kantor Pos.
26. Siswa mengamati gambar
benda-benda pos yang ditunjukkan oleh guru
27. Siswa mengerjakan latihan
memecahkan masalah terkait uang yang harus dikeluarkan untuk membeli sejumlah
benda pos.
Fase
5 (menganalisis dan megevaluasi masalah)
23. Guru memberikan penguatan atas
jawaban siswa.
|
150 menit
|
Penutup
|
1.
Bersama-sama siswa membuat
kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari dan menyampaikan cara
menjaga kebersihan kelas
2.
Guru memberikan soal evaluasi
kepada siswa
3.
Memberikan tindak lanjut
4.
Melakukan penilaian hasil belajar
5.
Mengajak semua siswa berdo’a
menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk menutup kegiatan
pembelajaran)
|
15
menit
|
H.
PENILAIAN
1.
Teknik
Penilaian
a. Penilaian
Sikap/Afektif :
Observasi sikap santun, peduli,
tanggung jawab
b. Penilaian
Pengetahuan/kognitif : Tes tertulis
c. Penilaian
Keterampilan/Psikomotorik: Observasi dan unjuk kerja
2. Bentuk
Instrumen
a.
Penilaian Sikap/Afektif
: Lembar
pengamatan sikap
b.
Penilaian Pengetahuan/kognitif
: Isian dan uraian
c.
Penilaian Keterampilan/Psikomotorik : Rubrik
Semarang,……………..2016
Mengetahui,
Kepala SD .............................. Guru Kelas
III
……………………….. Noni
Luthfi Khoirunnisa
NIP. NIM.
1401415029
Siiip, mksh ku tunggu untuk kelas 6 sd ya..
BalasHapus