Senin, 31 Oktober 2016

RPP Tematik Terintegrasi TIK Kelas 3

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
TEMATIK KURIKULUM 2013
KEAS III SEMSTER 1
TEMA 4 PEDULI LINGKUNGAN SOSIAL
SUB TEMA LINGKUNGAN SOSIALKU
PEMBELAJARAN 1



Disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah TIK dan Media Pembelajaran
Dosen Pengampu: Farid Ahmadi, S.Kom, M.Kom, ph.D.



Oleh:
Noni Luthfi Khoirunnisa                    1401415029
Rombel 1



PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
2016






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
KURIKULUM 2013

Nama Sekolah                           : SD …...........................
Kelas/Semester                          : III/I
Tema                                          : Peduli Lingkungan Sosial
Pembelajaran/Sub Tema            : 1/Lingkungan Sosialku
Alokasi Waktu                           : 6 jp (1 hari)
Muatan Pembelajaran                : Bahasa Indonesia, Matematika dan SBdP
A.      Kompetensi Inti
1        Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2        Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangga.
3        Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4        Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.       Kompetensi Dasar dan Indikator
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
3.3  Mengemukakan isi teks surat tanggapan pribadi tentang perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi serta permasalahan dan lingkungan sosial di daerah dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.3  Mengolah dan menyajikan teks surat tanggapan pribadi tentang perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi serta permasalahan dan lingkungan sosial di daerah secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
Indikator:
1        Mengidentifikasi teks surat tanggapan pribadi tentang lingkungan sosial.
2        Membuat surat tanggapan pribadi tentang lingkungan sosial.
Matematika
Kompetensi Dasar
3.6 Menentukan strategi pemecahan masalah dengan mengurangi, menambah, dan menukarkan sejumlah uang.
4.2 Merumuskan dengan kalimat sendiri, membuat model matematika, dan memilih strategi yang efektif dalam memecahkan masalah nyata sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian bilangan bulat, waktu, panjang, berat benda, dan uang, serta memeriksa kebenaran jawabannya.
Indikator:
1        Mengenal masalah uang yang dapat diselesaikan dengan menambah
2        Menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan uang melalui strategi penjumlahan.
SBdP
Kompetensi Dasar
3.2 Membedakan pola irama rata dan bervariasi lagu bertanda birama enam.
4.5 Menyanyi lagu wajib dan lagu permainan dari daerah sesuai dengan isi lagu.
Indikator:
1        Mengidentifikasi isi lagu berpola irama rata bertanda birama enam.
2        Menyanyikan lagu bertanda birama enam dengan syair yang benar.
C.       Tujuan Pembelajaran
1        Dengan mengamati syair lagu, siswa dapat menyimpulkan isi lagu dengan tepat.
2        Dengan mencari dan memperhatikan video dari Youtube, siswa dapat menyanyikan lagu Desaku yang Kucinta dengan benar.
3        Dengan mengoperasikan Microsoft Word, siswa dapat membuat surat tanggapan pribadi dengan tepat.
4        Dengan mengamati contoh, siswa dapat mengerjakan operasi penjumlahan pecahan uang dengan benar.
5        Dengan membaca soal cerita, siswa dapat menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan uang melalui strategi penjumlahan dengan benar.
6        Dengan menyimpulkan pembelajaran pada hari ini, siswa dapat memiliki pemahaman akan keberadaannya sebagai makhluk Tuhan yang saling membutuhkan satu sama lain dan perlu memiliki sikap saling menghargai, peduli, santun, dan bertanggung jawab.
D.      Materi Ajar
1.      Surat pribadi
2.      Operasi hitung uang
3.      Menyanyikan lagu
E.       Pendekatan Model dan Metode Pembelajaran
1.      Pendekatan               : Scientific
2.      Model                       : PBL (problem-based  learning)
3.      Metode                     : Tanya jawab, diskusi, demonstrasi, ceramah
F.        Media, Alat dan Sumber Belajar
1.      Media dan Alat
-       Berbagai benda-benda pos, seperti aneka prangko, aneka kartu pos, kertas surat, amplop, dan lain-lain.
-       Contoh surat yang sudah dikirim (ada perangko dan stempel kantor pos).
-       Buku teks
-       Laptop
2.      Sumber Belajar
-       Muhibba Iba, dkk. 2015. Peduli Lingkungan Sosial Buku Guru SD/MI Kelas III. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
-       Muhibba Iba, dkk. 2015. Peduli Lingkungan Sosial Buku Siswa SD/MI Kelas III. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
G.      Langkah - Langkah Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
PRA KEGIATAN
1.      Guru mengucapkan salam.
2.      Guru meminta ketua kelas untuk memipin berdoa.
3.      Guru mengecek kehadiran siswa.

Fase 1 (Orientasi siswa kepada masalah)
4.      Guru memberikan apersepsi melalui nyanyian “kalau kau suka hati”
5.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran “Tujuan pembelajaran kali ini kita dapat mengetahui tentang peduli lingkungan sosial”.
6.      Siswa diberi kesempatan untuk bertanya apa yang ingin diketahuinya tentang lingkungan sosial.
7.      Jika siswa mengalami kesulitan, guru memancing siswa dengan mengajak mereka mengamati lingkungan sekitar.
8.      Siswa menjawab pertanyaan bersama-sama.
9.      Siswa berbagi pengalaman tentang siapa saja orang-orang yang ada di lingkungan mereka, kepada siapa saja mereka pernah berbicara, siapa saja yang pernah mereka bantu dan membantu mereka, siapa saja yang pernah mereka kunjungi. Misalnya, siswa bercerita ia bertemu dengan tetangga di rumah, dengan siswa lain di sekolah, penjual dan pembeli bertemu di pasar atau tempat perbelanjaan lainnya, dokter bertemu dengan pasien di rumah sakit atau puskesmas.
10.  Siswa berbagi cerita tentang tempat-tempat apa saja yang pernah mereka kunjungi. Misalnya, sekolah, pasar, dokter, bank, desa, dan kota.
11.  Dengan bantuan guru, siswa menyimpulkan apa yang dimaksud dengan lingkungan sosial, yaitu tempat manusia saling bertemu dan berhubungan, salingmembantu, bekerja sama, berbicara, dan lain-lain.
12.  Guru menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan oleh siswa yaitu memecahkan masalah dengan cara menganalisis gambar.
15 menit
Inti
Fase 2 (mengorganisasikan siswa untuk belajar)
1.      Guru mengajukan pertanyaan “Siapa yang punya nenek dan kakek yang tinggal di desa” “Sudah pernahkan kalian pergi ke desa” “Bagaimana rasanya ketika kalian ada di desa? Senang atau tidak?” “Bagaimana rasanya udara yang ada didesa? Sejuk atau panas?”
2.      Siswa membagi pengalamannya tentang desa.
3.      Siswa mendengarkan penjelasan guru mengenai mengapa ada perbedaan udara antara di kota dan di desa.
Fase 3 (membimbing penyelidikan individual maupun kelompok)
4.      Siswa mengamati gambar pedesaan tempat Kakek Udin tinggal yang ada pada buku teks pelajaran.
5.      Siswa mendengarkan penjelasan guru bahwa pedesaan adalah salah satu lingkungan sosial.
6.      Siswa mengidentifikasi perbedaan suasana desa Kakek Udin dengan lingkungan tempat tinggalnya.
Fase 4 (mengembangkan dan menyajikan hasil karya)
7.      Siswa menyampaikan hasil pengamatannya terhadap gambar secara bergantian.
Fase 2 (mengorganisasikan siswa untuk belajar)
8.      Seorang siswa membaca teks dan siswa lain menyimak.
9.      Guru bertanya apakah siswa sudah mengenal lagu “Desaku yang Kucinta”? Jika ada siswa yang sudah bisa menyanyikan lagu tersebut, siswa yang bersangkutan dapat menyanyikan lagu tersebut di depan kelas.
10.  Guru meminta siswa untuk membuat kelompok yang terdiri atas 4 – 6 siswa.
11.  Setiap kelompok diberi tugas untuk mencari video lagu “Desaku yang Kucinta” di Youtube.
Fase 3 (membimbing penyelidikan individual maupun kelompok)
12.  Siswa pada masing-masing kelompok diminta untuk berlatih menyanyikan lagu “Desaku yang Tercinta” dari video hasil pencariannya.
13.  Siswa diminta untuk berdiskusi mengenai kandungan isi lagu “Desaku yang Kucinta”.
14. Hasil diskusi dimaksukkan kedalam power point dan diedit.
Fase 4 (mengembangkan dan menyajikan hasil karya)
14.  Siswa secara berkelompok menyanyi di depan kelas bergantian dengan kelompok lain.
15.  Siswa menyimpulkan isi lagu dengan menggunakan  Power Point yang telah dibuat saat diskusi.
Fase 2 (mengorganisasikan siswa untuk belajar)
16.  Siswa membaca surat Udin secara bersambung.
17.  Siswa yang tidak mendapat giliran membaca harus menyimak dengan serius dan menanti gilirannya atas permintaan guru.
18.  Siswa menanggapi surat Udin dengan menjawab pertanyaan yang ada pada buku siswa.
Fase 3 (membimbing penyelidikan individual maupun kelompok)
19.  Siswa menyimak penjelasan guru tentang bagian-bagian yang harus ada dalam sebuah surat.
20.  Siswa mengidentifikasi bagian-bagian surat yang dibuat Udin.
21.  Siswa mengingat kembali bagian-bagian surat pribadi.
22.  Siswa berlatih menulis surat pribadi tentang keadaan desanya masing-masing lalu dikirimkan pada teman sekelas yang ditulis di Microsoft Word dan diedit sebagus mungkin.
Fase 4 (mengembangkan dan menyajikan hasil karya)
23.  Setelah surat selesai dibuat siswa diminta untuk mengirimkannya kepada salah satu teman sekelas melalui akun Facebook masing-masing siswa.
24.  Guru mengelilingi kelas untuk membimbing siswa.
25.  Siswa menjawab pertanyaan tentang apa saja yang dibutuhkan untuk berkirim surat melalui Kantor Pos.
26.  Siswa mengamati gambar benda-benda pos yang ditunjukkan oleh guru
27.  Siswa mengerjakan latihan memecahkan masalah terkait uang yang harus dikeluarkan untuk membeli sejumlah benda pos.
Fase 5 (menganalisis dan megevaluasi masalah)
23. Guru memberikan penguatan atas jawaban siswa.
150 menit
Penutup
1.      Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari dan menyampaikan cara menjaga kebersihan kelas
2.      Guru memberikan soal evaluasi kepada siswa
3.      Memberikan tindak lanjut
4.      Melakukan penilaian hasil belajar
5.      Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk menutup kegiatan pembelajaran)
15 menit

H.      PENILAIAN
1.      Teknik Penilaian
a.       Penilaian Sikap/Afektif                    : Observasi sikap santun, peduli, tanggung jawab
b.      Penilaian Pengetahuan/kognitif        : Tes tertulis
c.       Penilaian Keterampilan/Psikomotorik: Observasi dan unjuk kerja
2.      Bentuk Instrumen
a.         Penilaian Sikap/Afektif                                : Lembar pengamatan sikap
b.        Penilaian Pengetahuan/kognitif                    : Isian dan uraian
c.         Penilaian Keterampilan/Psikomotorik           : Rubrik

Semarang,……………..2016
Mengetahui,
Kepala SD ..............................                                    Guru Kelas III


………………………..                                              Noni Luthfi Khoirunnisa
NIP.                                                                            NIM. 1401415029



1 komentar: